Sabtu, 13 Desember 2014

MEMBUAT SIM A


Pergi diusahakan pagi biar sampe sana belum banyak orang dan gak terlalu lama nunggu masuk tes tertulis. Pertama  tes kesehatan bayar 25.000 itu dulu, gak tau yang sekarang. Ke dua beli formulir harganya 5000. Sudah itu di foto bayar lagi 5000 (entah buat apa foto ini). Satu lagi beli map harganya lagi lagi 5000.  Nah dari sini langsung ke tempat pendaftaran. Kalo sudah daftar tinggal manunggu panggilan untuk masuk ruangan tes tertulis ( jangan berfikir kayak ujian sekolah ya bawa pensil 2b dan jawaban yang benar dilingkari ) tinggal tekan tombol aja A B C dan reset. Soalnya terdiri 30 soal, setiap satu soal diberi waktu 1 menit. Nah kenapa harus pagi karena ruangan tes tertulis ini cuma satu dan yang masuk hanya 20 orang. Untuk lulus tes  ini minimal nilainya 60. Pada waktu itu saya gak lulus nilanya 57 kurang 1 soal lagi. Karena gak lulus gak bisa ke tahap selanjutnya dan mengikuti tes lagi 1 minggu setelah tes atau lebih. Tes yang ke dua berharap untuk lulus tapi kenyataannya TETOOOTT GAK LULUS nilai sama 57. Untuk mengikuti tes lagi harus menunggu 1 bulan dari ujian atau lebih, ini udah peraturannya. Tes yang ketiga harapan masih sama ingin lulus dan hasilnya sesuai dengan harapan , akhirnya setelah 3x pecobaan LULUS juga dengan nilai 64.  


hasil nilai tes tertulis
Tahap ini sudah, lanjut ke ujian praktek. Ujiannya adalah pertama jalanan menanjak berhenti ditengah2, terus gas lagi sampe di atas ( gak boleh mundur). Ke dua posisi dari atas mundur (parkir ) membuat huruf L ( hanya melihat spion gak boleh nengok ke belakang). Sebelumnya di kasih contoh dulu sama pak polisinya. Bisa menggunakan mobil sendiri atau dari sana. Menurut saya kalo memang ada mobil bawa sendiri karena mobil dari sana rem tangannya berat banget. Pada waktu tes ini saya menggunakan mobil dari sana karena perginya mengendarai motor ( takut gagal lagi waktu ujian, pergi pake mobil eh gak lulus kan sakitnya tuh disini hahaha). Dalam tes ini 3x kesempatan  misal dalam tanjakan gagal 1x sisanya 2x kesempatan lagi tanjakan+parkir. Waktu percobaan pertama gagal hahaha dari situ langsung bilang sama pak polisinya ‘pak besok aja ya tesnya saya bawa mobil sendiri gak enak banget ini mobil’ . kata pak polisinya ‘ iya bisa gak apa-apa’


Keesokan harinya mengendarai mobil sendiri brummmm sengaja perginya pagi biar bisa latihan dulu. setelah latihan beberapa kali, Waktunya tes yang beneran di tanjakan langsung berhasil .( karena langsung berhasil maka masih ada 3x kesempatan untuk parkir). Percobaan pertama TETOOOOT GAGAL, udah deg degan dan percobaan kedua BERHASIL. akhirnya punya SIM A. selesai dari sini tinggal menyerahkan berkas. Sebelum menyerahkan berkas ke bank dulu bayar untuk SIM A saya lupa bayarnya berapa tapi diatas 100.000 dibawah 200.000 ( maklum kan udah lama punya SIM nya hehehe). Nanti isi formulir lagi (gak bayar). Udah isi kasih ke petugasnya lagi tinggal tunggu antrian untuk di foto. Dari foto sampai menerima kartu sim waktunya gak lama kurang lebih 10 menit. Waktu pengambilan kartu simnya di panggil 1 per 1 sama petugasnya. ini pengalaman saya membuat SIM A . bangga si sebernya bikinnya gak nyogok hehehe. Oke sekian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar